Mengenal Berbagai Jenis Kayu Plywood

Mengenal Berbagai Jenis Kayu Plywood

February 22, 2023

 

Kayu lapis atau plywood merupakan material berbahan dasar kayu berbentuk panel yang terbuat dari beberapa lapisan kayu tipis. Material kayu ini, direkatkan secara melintang dengan sudut 90 derajat, dan dibentuk dari lembaran kayu dalam jumlah ganjil. Ada banyak jenis kayu plywood yang bisa digunakan sebagai furniture rumah. Tentunya setiap jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

5 Jenis Kayu Plywood

Particle Board

Particle board atau biasa disebut triplek modern adalah papan yang terbuat dari bahan kayu, terdiri dari serbuk gergaji, yang dikompresi dengan proses kimiawi dengan tekanan suhu tinggi. Kayu lapis jenis ini muncul pada akhir tahun 1940-an saat kayu lapis sulit ditemukan, sehingga kayu jenis ini menjadi alternatif terbaik pengganti kayu lapis. 

 

Medium Density Fiberboard

Papan serat kepadatan menengah (MDF). Kayu MDF adalah jenis kayu olahan yang terbuat dari potongan kayu yang dikompresi. Kayu MDF dijual dalam bentuk papan yang mirip dengan kayu lapis atau panel. Ini kemudian dapat diproses lebih lanjut menjadi furnitur fungsional. Kayu MDF sering diolah menjadi furniture rumah. Beberapa di antaranya adalah lemari, meja, laci, kusen jendela, dll. Sebagian besar furnitur kayu MDF dijual sebagian, sehingga pengguna harus merakitnya sendiri. 

 

Kayu Multipleks

Kayu multi-tekstur terdiri dari beberapa papan kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Pertama, kayu dilunakkan dengan mesin uap. Batang yang lunak kemudian diumpankan ke mesin bubut, yang dipotong menjadi lembaran atau panel kayu. Ketebalan masing-masing papan kayu bisa berbeda-beda, namun biasanya antara 1 hingga 4 milimeter. 

 

Kayu Teakblock

Sebuah blok dicirikan oleh fakta bahwa itu adalah jenis pelat blok. Kehadiran balok kayu jati mencerminkan bahwa kayu jati merupakan bahan baku yang banyak digunakan di Indonesia. Prinsip produksi balok kayu jati adalah perakitan papan kayu yang dipres. Teakblock termasuk dalam kelompok Multitex, dimana lapisan luar terbuat dari kayu jati dan lapisan dalam terbuat dari kayu lunak. Produksi balok kayu jati biasanya terdiri dari balok kayu yang dibungkus dengan kayu tipis yaitu kayu jati. Jati blok banyak digunakan sebagai bahan lantai dalam desain lantai dan lantai kayu. 

 

Blockboard

Blockboard adalah sejenis kayu yang terbuat dari potongan-potongan kecil kayu berukuran 2,5 cm – 5 cm yang direkatkan dengan veneer kayu agar dapat digunakan kembali. Secara visual balok kayu ini memberikan kesan halus dan mengkilap. Meski kayu olahan merupakan limbah, namun kualitas balok kayu ini tidak kalah dengan kayu utuh pada umumnya. Anda bisa menggunakan papan ini sebagai bahan utama dekorasi rumah yang memberikan kesan klasik, indah dan estetik. 

 

Itulah berbagai jenis kayu plywood yang bisa Anda gunakan sebagai furniture rumah. Anda bisa menemukan plywood berkualitas di Kayu Lapis Indonesia. Adanya pengalaman selama bertahun-tahun membuat Kayu Lapis Indonesia mampu menyediakan produk terbaik sesuai kebutuhan Anda.

 

Referensi

https://furniturejogja.com/jenis-kayu-plywood/